Jumat, 23 Desember 2016

Beberapa Saran Dalam Memulai Usaha Perdagangan

halo kawan, kita jumpa lagi. 

dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips untuk memulai usaha di bidang perdagangan. kenapa di bidang dagang????? alasannya karena di bidang tersebut adalah tempat dimana perputaran uang terjadi begitu cepat, karna prosesnya yang simpel.
sebagai saran kita pilih apa yang kita perdagangkan, antara lain :
1. sayuran
2. makanan ringan
3. gorengann
4. buah
5. tempe/tahu
dll
kenapa saya memberi saran seperti diatas?? itu karena barang-barang diatas hampir setiap hari dibutuhkan oleh setiap orang di manapun berada. tantangannya yaitu hanya satu, "kualitas & harga".
 sebelumnya bisa kita siapkan antara lain :
1. tempat berdagang
tempat untuk berdagang sebaiknya berada di keramaian, atau paling tidak banyak orang yang memerlukan barang dagangan kita, bukannya tanpa saingan tapi paling tidak kita harus punya "senjata" dala arti kualitasnya. karena dimanapun penjua itu berada kalau kualitasnya bagus pasti akan diceri orang. sepertihalnya kita jualan sayuran, sebaiknya kita pilih tempat dipasar-pasar. kalo kita jualan sayur dikantor kan gak mungkin, hahahahha,,,,,,,,,
2. barang yang dijual
setelah tempat untuk berdagang, kita tentukan apa yang akan kita jual. penting sekali untuk menentukannya, ini bisa tergantung dari kelebihan kalian mencari barang yang akan dijual. kalo kalian punya pengalaman dibidang ini kalian pasti bisa menentukan barang dagangannya. kalo saya sendiri saya jualan kerupuk dipasar, tapi pasar tempat saya berjualan buka jam 1 malam, jadi saya biasa kerja malam, paginya tidur. trus siapa yang saya layani, yang saya layani saitu pedagang sayur, kalo disini ada yang menyebut 'bakul ethek", "bakul lijo", dll.saya memilih kerupuk karena ditempat saya makanan yang namanya kerupuk itu sama kayak nasi, setiap hari pasti di tiap rumah ada kerupuknya, makanya potensinya sangat besar. saya rasakan, baru sekitar 2 bulan saya jualan kerupuk udah dapat dirasakan hasilnya (uang). hehehhe
3. Kuaitas
setiap usaha mempunya potensi tersendiri. dalam hal ini saya akan menyimpulkannya. kalo usahanya dibidang jasa, maka jagalah jasamu. kalo usahanya dibidang dagang, ya jagalah daganganmu. kalo kalian niat Usaha, ya jagalah usahamu. itu kuncinya....
kualitas adalah hal yang penting untuk kelancaran usaha anda, karna dengan kualitas sama halnya dengan anda mempunya iklan yang tak ada hentinya, iklan yang tanpa modal, iklan yang terus mengalir sehingan usaha anda menjadi terkenal. sadari kemampuan anda ber-wirausaha, lakukan dengan cara yang tepat tanpa mencederai pelaku usaha lain, jalani dengan sabar dan usahak untuk terus berkembang dengan menjaga kualitas.
4. sistem usaha
ini berati anda punya cara-cara tersendiri dalam menjalankan usaha anda, contohnya:
- saya tidak mau mengantar barang pesanan karena saya tidak mau di-PhP, saya maunya konsumen datang sendiri kesini karena barang saya berkualitas tinggi.
- saya akan memberi komisi bagi setiap orang yang membawa konsumen kemari untuk membalas jasanya dalam mengembangkan usaha saya,
-dll
5. lakukan dengan ikhlas
dalam hal ini, kita membahas tentang perasaan menjalankan usaha. setiap bidang usaha tidak mungkin langsung berhasil, ada kalanya kalian menemui kesulitan, ada kalaya kalian mendapat masalah. entah intern atau dari pihak-pihak diluar usaha anda. kunci untek melewatiya adalah dengan cara ikhlas, tetapi mencari cara agak tidak lagi mendapat kesuliatan. ataupun meminimalisir kerugian, masalah,tekanan dari luar,

nah, sekian sekilas pengalaman saya dalam bidang usaha, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.
harus kalian sadari, kalian diciptakan di dunia ini membawa rezeki dari Sang Maha Kuasa, maka dari itu jarang kecil hati karna kebutuhan kalian telah Dijamin.

salam "KanggoRiko"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar